Jambeyan, 19 Agustus 2024 – Mahasiswa UNDIP dari jurusan Ilmu Pemerintahan, Rantika Alfiana Safitri, membuat sistem survei kepuasan masyarakat untuk layanan Kantor Desa, berupa Google Form (Gform). Program yang dipilih berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan di lapangan. TIM KKN Undip belum menemukan bahwa Kantor Desa Jambeyan belum memiliki media survei kepuasan masyarakat sebagai indikator kualitas pelayanan publik yang diberikan oleh Kelurahan Jambeyan.
Program dari mahasiswa KKN ini berfokus pada survei kepuasan masyarakat terhadap pelayanan desa di Jambeyan. Nantinya masyarakat dapat mengisi survei kepuasan masyarakat dengan Scan QR Code dengan menggunakan handphone. Kueisoner tersebut mencakup indikator kepuasan yang relevan antara lain dari aspek pelayanan, termasuk kejelasan informasi, kemudahan prosedur administratif, waktu layanan, dan sikap petugas. Serta masyarakat juga dapat memberikan kritik dan saran seputar penyelenggaraan pemerintahan desa, baik yang berhubungan dengan bidang pemerintahan, pemberdayaan masyarakat maupun bidang infrastruktur.
Adanya survei kepuasan masyarakat di Kantor Desa Jambeyan bertujuan untuk mengukur tingkat kepusan masyarakat sebagai pengguna layanan dan meningkatkan kulitas penyelenggaraan pelayanan publik. Dari hasil survei yang telah dilakukan nantinya pernagkat desa akan mendapatkan data dan informasi terkait kepuasan para pengujung mengenai penilaian, pengaduan dan saran. Berdasarkan kuesioner nantinya perangkat desa dapat dijadikan evaluasi terhadap kinerja dan pelayanan Pemerintahan Desa Jambeyan.
Rantika Alfiana Safitri, Ilmu Pemerintahan, FISIP Universitas Diponegoro
KKN TIM II UNIDIP
Editor: Tri Wibowo